01 Apr

amiadmin - Wednesday, 01 April 2020

Work from Home 101
"Startup"


Menghadapi tuntutan kondisi dan keadaan, kini hampir seluruh bidang pekerjaan harus menjalani kegiatan Work from Home atau bekerja dari rumah. Tentunya tidak semua orang menyambut baik atau bias langsung menyesuaikan tuntutan bekerja dari rumah ini. Kalau begitu, kira-kira apa saja ya tips yang dapat memberikan kemudahan untuk bekerja dari rumah?

Berikut adalah tips yang dapat membantu untuk segera beradaptasi dengan tuntutan bekerja dari rumah.


1.       Persiapkan Semua kebutuhan Alat Kerja

Peralatan pada umumnya yang dibutuhkan saat bekerja di rumah ialah Laptop, Akses Internet, Handphone, Email dan beberapa Aplikasi pendukung seperti Whatsapp, Zoom dan lain sebagainya.

Sebelum memasuki waktu kerja, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah laptop yang standby di rumah masih cukup baik untuk diajak bekerja sama? Mungkin saja karena sudah lama tidak dipakai ada beberapa perubahan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Selain itu pastikan semua aplikasi atau software dan juga email atau media lainya yang dibutuhkan dapat berjalan dengan baik.

Pastikan juga perangkat lain seperti Handphone ataupun tablet yang akan digunakan dapat berjalan dengan baik. Paling penting, pastikan akses internet yang akan digunakan dapat berjalan dan tersambung dengan baik ke perangkat yang akan digunakan.

Jika seluruh alat kerja dapat berfungsi dengan baik saat waktu kerja dimulai tentunya produktivitas tidak akan terganggu dengan hal-hal teknis ini. Selain ini hubungan baik dengan klien ataupun kolega lainnya dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik.

 

2.       Kondisikan Area Kerja

Walaupun berada dirumah, ada baiknya untuk membuat pemisah antara area kegiatan harian rumah dengan area bekerja.

Tidak harus dengan membuat area seperti di kantor dengan meja dan kursi kerja formal, tetapi cobalah tandai dan kondisikan satu area di rumah sebagai area kerja. Dengan begitu akan ada rasa tanggung jawab untuk selalu mengkondisikan area bekerja yang rapi dan teratur. Hal ini baik untuk dilakukan agar habit berpikir produktif dapat dibangun dengan lebih teratur.

 

3.       Buatlah Aturan Jam Kerja

Salah satu kendala yang dihadapi saat bekerja di rumah adalah sulitnya menjaga konsentrasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan. 

Ketika dirumah, distraksi seperti acara TV atau Netflix, media sosial, kepentingan rumah seperti Laundry dan kepentingan dapur sering kali menjadi penghilang fokus utama. Dengan menentukan jam kerja, semua kepentingan rumah dan pekerjaan dapat dikerjakan pada waktu yang ditentukan sesuai dengan prioritasnya. Dengan begitu pikiran akan lebih tenang dengan menyediakan fokus sesuai dengan waktu kerja yang sudah disepakati dengan diri sendiri.

 

4.       To do list dan Prioritas Kerja

Sebelum memulai pekerjaan harian ada baiknya untuk membuat to do list pekerjaan apa saja yang akan diselesaikan pada hari ini. Dari list pekerjaan yang sudah terkumpul buatlah skala prioritas mana saja yang akan dikerjakan lebih dulu. Selain itu tentukanlah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tersebut. Tentukan pula kapan waktu istirahat atau break pada hari tersebut.

 

Dengan memiliki struktur kerja atau To do list harian, distraksi saat bekerja bisa terhindarkan dengan lebih baik. Jika ada sisa waktu atau sudah berada diluar waktu kerja pada hari tersebut, kamu bisa menggunakannya dengan berbagai hal menyenangkan lain seperti berkumpul dengan keluarga atau menghubungi teman.

 

 

5.       “Communicate Like Never Before”

Sesuai dengan Namanya “Work from Home” yang jarang dilakukan seperti biasanya, bersiaplah untuk melakukan kegiatan komunikasi yang tidak seperti biasanya.

Hal ini dikarenakan adanya jarak antara klien, rekan kerja, dan lainnya. Tidak seperti biasanya yang selalu bisa dengan mudah bertemu atau bekerja pada area yang sama. Jadi, persiapkan diri karena sudah menjadi kepastian bahwa usaha dalam melakukan komunikasi akan dilakukan lebih daripada biasanya.

Manfaatkan berbagai Aplikasi Video Meeting seperti Zoom atau Microsoft Team untuk melakukan interaksi tatap muka. Sehingga tidak hanya dengan berbagai dokumen atau kebutuhan teks lain, usaha untuk menyampaikan informasi dengan lebih akurat dan interaktif dapat dilakukan dengan Video Call.

Usahakanlah segala bentuk komunikasi yang dapat diupayakan sehingga informasi yang disampaikan dapat diterma dengan perspektif yang sama.

 

6.       Gunakan Waktu yang flexible dengan bijak

Setelah semua pekerjaan selesai sebelum waktu kerja berakhir, pergunakanlah waktu dengan bijaksana. Seperti halnya membangun hubungan dengan tim atau rekan kerja. Karena adanya jarak yang membuat intensitas pertemuan tidak rutin seperti biasanya, manfaatkanlah dengan melakukan update atau kabar dengan rekan kerja. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya memperkuat relasi dan produktivitas Bersama.

 

7.       “Track your Progress”

Gunakanlah beberapa aplikasi online seperti Motion atau Serene untuk melakukan Tracking kegiatan kerja. Dengan begitu kegiatan yang dilakukan bisa lebih terarah dan produktivitas dapat tercapai.

 

8.       Coba hiraukan segala bentuk distraksi

Rekan kerja yang tidak terlihat sering kali bisa menjadi alasan mudah terdistraksi saat bekerja. Tetapi teman dan keluarga juga bisa menjadi alasan utama adanya distraksi disaat waktu kerja. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pengertian kepada sekitar mengenai jam kerja yang kamu gunakan saat berada dirumah.

 

9.       Transparan dengan Pekerjaan

Kalau ternyata dengan melakukan pekerjaan dirumah ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan, telaah kendala yang dihadapi dan sampaikanlah secara transparan kepada tim.

Komunikasikan hal ini dengan Tim kerja dan akuilah bahwa hal ini wajar terjadi karena memang beberapa pekerjaan perlu kamu lakukan dengan berada di kantor. Karena bekerja dari rumah memang tidak cocok untuk semua jenis pekerjaan.

 

10.   Istirahat

Istirahat merupakan kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Bukan berarti berada di rumah malah membuat beberapa kegiatan istirahat seperti makan siang menjadi terlewat. Maka dari itu penting untuk memasukan jadwal istirahat pada To do List.

 

11.   How To Work Productively Webinar

Jika ingin tahu lebih lagi bagaimana tips and tricks dari yang berpengalaman mengenai segala upaya yang dapat dilakukan untuk bekerja di rumah, Kamu bisa mengikuti Alpha Momentum Webinar dengan Tema “How to Work from Home Productively”. 

Pada Webinar ini, Puty Puar sebagai freelance illustrator, book writer dan content creator akan berbagi pengalamannya bagaimana bekerja dari rumah. Puty akan bercerita bagaimana mempersiapkan diri sebagai individu yang bekerja di rumah sendiri. 

Selain itu akan ada  Indra Suryatama, Cloud Solution Architect dan Technical Manager dari Helios Informasi Nusantara. Indra akan memaparkan bagaimana menggunakan Microsoft Teams dan memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mengupayakan bekerja dalam tim ketika berada dirumah.

Segera daftar Webinar ini di bit.ly/AMIwebinar1 

Sampai bertemu yaa :)

Artikel ini disadur dari:

https://blog.cake.hr/working-home-complete-guide-remote-work/



All Category