Kebutuhan untuk terus berkembang dan menghadapi perubahan ialah tuntutan dasar dari setiap perusahaan. Hal ini tentunya juga berlaku dalam dunia startup yang memiliki dinamika lebih beragam. Mulai dari menganalisa kebutuhan konsumen, pengembangan ide, dan penerapan ide dalam program perusahaan merupakan kegiatan yang perlu diperhatikan dalam upaya memaksimalkan produktivitas dari suatu perusahan.
Karenanya, 26 Februari 2020 kemari, Alpha Momentum Indonesia kembali mengadakan kegiatan #Startupgrade dengan topik “Idea Validation, Ops and People Workshop”. Kali ini Alpha Momentum Indonesia mengajak Nicko Batubara dari Shipper, Velicia Gonatha dari Blibli.com, dan Rine dari Amarta untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.
Sesi Pertama dimulai oleh Nicko Batubara dari Shipper yang mengangkat tema “How to Validate Your Idea”. Sebelum bergabung dengan Shipper, Nicko telah membangun Startup dengan Nama Pakde. Pakde sendiri merupakan penyedia jasa gudang penyimpanan dan pengiriman untuk berbagai kebutuhan bisnis. Karena ide jasa yang menarik ini, akhirnya Pakde diakuisisi oleh Shipper.
Melalui sesi kali ini Nicko menyatakan kalau sebuah ide dikatakan valid ketika dapat diterima oleh lingkungan. Dalam penjelasan lain, yaitu ketika ide dapat menjawab berbagai kebutuhan khalayak dan disambut khalayak untuk diterapkan.
Kemudian pada Sesi selanjutnya, Velicia Gonatha membagikan ilmu dan pengalaman dengan tema “Strategic Operation: The Unseen Excellence Every Startup Needs”. Melalui sesi ini, Velicia memaparkan bahwa mengenali kebutuhan perusahaan terlebih dahulu sebelum akhirnya menjabarkan strategi yang akan diterapkan adalah sebuah keharusan. Jika detail kebutuhan perusahaan sudah dapat dijabarkan, langkah selanjutnya membuat list kegiatan yang akan dilaksanakan. Pembuatan list kegiatan ini merupakan upaya untuk mengenal sistem operasi atau kegiatan seperti apa yang perlu dirancang hingga akhirnya masuk dalam tahap pelaksanaan.
Selain itu Velicia juga menekankan bahwa dalam penerapan kegiatan operasional Startup, pelaksana operasional dituntut untuk selalu siap dengan perubahan dan dinamika yang terjadi pada khalayak. Pelaksana operasional harus mengasah kepekaan terhadap kebutuhan konsumen, pelaksanaan proses produksi, sampai tren saat ini.
Sesi terakhir diisi oleh Rine dari Amartha dengan tema “How to Improve Your Startup Culture”. Selaku VP People & Culture dari Amartha Mikro Fintek, Rine memulai sesi ini dengan menceritakan bagaimana Culture yang ia dan Tim rancang dalam Amartha. Mulai dari kegiatan bonding untuk para karyawan, hal yang perlu diperhatikan dalam rekrutmen, hingga mengenal setiap individu dalam perusahaan. Sesi Sharing pun menjadi semakin menarik ketika Rine menceritakan bagaimana perbedaan SDM yang Amarta terapkan dalam kantor pusat dan cabang. Menurut Rine, keberagaman Individu sangat dibutuhkan sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang akan dilaksanakan, tetapi tetap harus bersesuaian dengan karakteristik pemilik perusahan.
Sebelum setiap sesi selesai, peserta juga berkesempatan untuk bertanya. Pada sesi ini diskusi ringan pun terbangun. Senang rasanya dapat berbagi dan mendengarkan cerita dari berbagai latar belakang kebutuhan yang berbeda-beda.
Sebelum acara berakhir, seluruh partisipan dalam #Startupgrade kali ini menyempatkan foto bersama. Terima kasih untuk seluruh peserta dan pembicara atas antusiasmenya. Semoga #Startupgrade kali ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dari apa yang sedang diusahakan. Kira-kira topik menarik apa lagi yang perlu kami angkat ya? Kami tunggu pendapatmu pada kolom komentar ya!