25 Mar

amiadmin - Wednesday, 25 March 2020

Offline to Online Tips and Tricks
"Startup"


Kondisi persebaran virus covid19 yang saat ini semakin meluas tentunya berdampak pada kebutuhan gerak banyak pihak. Salah satunya adalah kegiatan pencarian informasi. Walaupun alat pencarian seperti google sudah tersedia tetapi interaksi secara langsung tentu memiliki nilai yang berbeda.

Pekerja usia produktif cukup sering membutuhkan informasi langsung untuk mengulas kebutuhan data. Seperti halnya bertemu dengan klien, diskusi project yang akan dikerjakan, dan lain sebagainya. Tetapi karena kondisi saat ini, kegiatan-kegiatan pertemuan ini harus dihindari. Nah, kira-kira solusi apa ya yang bisa dilakukan?

  1. Voice Call Interview

Secara tidak sadar aktivitas yang dilakukan saat diskusi ialah berbicara dan bertukar informasi. Kenyataannya aktivitas ini masih sangat mungkin untuk dilakukan walaupun tanpa tatap muka. Buat suasana sekitar tenang ketika akan melakukan Voice call. Jangan lupa siapkan buku catatan dan alat tulis. Usahakan buku catatan sudah berisi poin-poin penting yang harus dicapai dalam percakapan sehingga tidak lost of track.

Melalui voice call kamu bisa lebih mengerti dan mengetahui motivasi, cerita, dan ekspektasi terhadap klien. Hal-hal seperti ini sulit untuk didapat jika hanya dengan bertukar pesan via email. Aplikasi yang dapat dapat dimanfaatkan untuk kegiatan Voice Call ialah Whatsapp dan Voice.

  1. Interview using video call

Jika informasi yang dibutuhkan lebih kompleks dan detail, video call merupakan solusi. Melalui video Call tatap muka bisa terjadi dan bantuan screen sharing dapat memudahkan informasi detail tersampaikan. Selain itu videocall memungkankan untuk dilakukan bersama. Sehingga pertukaran informasi bisa lebih menyeluruh dan memakan waktu yang lebih singkat. Jadi tidak akan terlalu berbeda dengan pertemuan tatap muka yang biasa dilakukan.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk aktivitas video call diantaranya ialah whatsapp, facetime, skype, hangout, dan zoom 

  1. Screen Sharing 

Mencari informasi seringkali dibutuhkan tatap muka untuk memperlihatkan contoh hasil karya secara langsung. Namun dengan kondisi saat ini, Skype dan Go To Meeting dapat membantu kegiatan pertukaran informasi ini. Walaupun sebatas berbagi layar, tetapi cara ini cukup efektif untuk menampilkan demonstrasi dari suatu produk atau menampilkan hasil laporan yang diinginkan.

Semoga informasi ini bisa membantu untuk tetap produktif dan mengurangi kendala dalam melakukan aktivitas. Tetap patuh untuk di rumah yaa, karenanyatanya tidak ada yang menghalangi :)

Artikel Ini disadur dari:

https://www.linkedin.com/posts/somia-customer-experience_tips-tricks-remote-activity-6645505166332297216-2LtC 



All Category