30 Mar

amiadmin - Monday, 30 March 2020

Melakuna Test Covid19 dari Rumah
"Startup"


Salah satu Startup Health asal Amerika kini menyediakan covid 19 test sebagai salah satu jasa yang disediakan. Everlywell merupakan home testing company yang sudah menyediakan berbagai tes lab yang dapat dilaksanakan walaupun hanya dari rumah. Karena kekhawatiran akan lambatnya proses test Covid19 dan penyebaran virus yang begitu cepat di Amerika, Everlywell menyediakan solusi tes covid19 yang bisa dilakukan walau hanya dari rumah.

Melalui website Everlywell, siapa saja yang menginginkan untuk melakukan tes covid19 ini dapat melakukan pendaftaran. Ketika mengambil rangkaian tes covid19, kegiatan pertama yang akan dilakukan adalah menjawab beberapa pertanyaan dasar terkait kesehatan saat ini. Kemudian seseorang yang melaksanakan tes diminta untuk mengutarakan gejala yang dirasakan serta seberapa besar resiko terpaan yang diterima. Kegiatan ini akan dilakukan dengan sistem telemedicine dengan dokter sehingga setelah semua kegiatan dilakukan dokter akan memutuskan apakah perlu dilakukan test secara fisik lebih lanjut atau hanya sekedar membutuhkan pengobatan lain.

Jika dokter menyarankan pelaku tes untuk melakukan tes covid19, Everlywell akan mengirimkan Covid19 Kit Test yang akan diterima dalam waktu dua hari. Dalam Kit tersebut tersedia beberapa swab spesial yang cukup panjang sehingga bisa meraih area belakang hidung dan tenggorokan bersamaan dengan instruksi yang tersedia. Setelah melakuan semua prosedur yang tertera, pelaku test dapat mengirim kembali Kit tersebut kepada Everlywell. Hasil tes akan diterima oleh pelaku tes dalam jangka waktu kurang lebih dua hari dan akan dikirimkan melalui email.

Saat ini di Indonesia, pemerintah telah melakukan kerjasama dengan beberapa Startup untuk membantu kebutuhan kesehatan masyarakat. Melalui Gojek, Grab, Halodoc, Sobatdokter, dan lain-lain. Mereka akan membantu berbagai kebutuhan kesehatan bagi masyarakat selama berada dirumah. Baik bagi yang sedang melakukan karantina mandiri ataupun kebutuhan kesehatan lainnya. Hal ini pun bertujuan untuk mengurangi kunjungan rumah sakit oleh masyarakat.  

Artikel ini disadur dari:

https://time.com/5805953/home-covid-19-test-everlywell/?utm_source=linkedin&utm_medium=social&utm_campaign=editorial&utm_term=health_covid-19&linkId=84594352

https://bisnis.tempo.co/read/1323385/kementerian-bumn-gandeng-startup-bantu-tangani-pasien-corona


All Category