18 Mar

amiadmin - Wednesday, 18 March 2020

Jaga Diri dan Jaga Sekitar dari COVID19
"Startup"


Maret 2020, Coronavirus atau COVID19 dikonfirmasi sudah masuk wilayah Indonesia. COVID19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini dapat terpapar kepada individu melalui droplets atau tetesan. Tetesan ini tersebar melalui batuk, bersin atau tetesan yang masih berada di permukaan benda mati.


Virus ini pertama kali muncul pada area Wuhan, China sekitar pertengahan februari 2020. Hingga berselang dua minggu, pada 11 Maret 2020 Coronavirus atau COVID19 telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. 


Dalam dunia startup global, salah Satu firma teknologi asal kanada bernama Bluedot telah berhasil memprediksi lebih awal terkait kemunculan Coronavirus. Melalui jarak jauh, Bluedot berhasil memprediksi terjadinya persebaran Coronavirus pada area Wuhan. Dengan memproses data dan melakukan penelitian dengan bantuan AI Sistem terkait data hewan dan tanaman, berita-berita website, dokumen pemerintahan dan informasi online lainnya yang ada disekitar area terjangkit, Bluedot berhasil mendeteksi tersebarnya coronavirus ini sejak 31 Desember 2019. 


Data ini pun mampu membantu memprediksi persebaran virus di area terjangkit ataupun area lain dengan bantuan data “global airline ticketing”. Data dari blue dot ini juga memprediksi bahwa persebaran virus akan terjadi ke area Seoul, Bangkok, Taipei, dan Tokyo. Saat ini Coronavirus sudah memasuki area Indonesia. Untuk perkembangan informasi terbaru, sila kunjungi situs corona.jakarta.go.id.


Nah, sebagai upaya untuk selalu saling mengingatkan, berikut hal yang dapat dilakukan untuk menjaga diri dari Covid19


  1. Wash Your Hand Frequently



  1. Maintain Social Distancing 



  1. Avoid touching eyes, nose, and mouth



  1. Practice respiratory hygiene



  1. Seek medical care early 



Upaya menjaga diri juga merupakan upaya untuk menjaga sesama. Semoga semua selalu baik baik saja ya :) 


Artikel ini disadur dari :

https://in.mashable.com/science/10923/this-tech-startup-used-ai-to-predict-coronavirus-outbreak-even-before-who

https://qz.com/1791222/how-artificial-intelligence-provided-early-warning-of-wuhan-virus/




All Category