Membuat startup, seorang entrepreneurs harus bisa
membagi pikiranya antara inovasi dan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.
Sering kali, ketika suatu startup sudah mendapatkan traction yang sesuai dengan
target, fokus startup tersebut akan berupah untuk pertumbuhan yang lebih cepat.
Banyak dari para entrepreneurs yang mengimpikan untuk bisa mendapatkan
pencapaian hingga melampaui  Google atau
pun Amazon, tetapi tidak banyak yang memberikan strategi selain strategi
marketing pada umumnya untuk membuat hal ini terwujud.

Kebanyak investor akan mencari atau tertarik dengan inovasi
yang terus dapat bertumbuh sejalan dengan strategi yang akan dilakukan.
Sehingga ada perpaduan antara inovasi dalam teknologi dan solusi. Cara
pemasaran secara konvensional akan cukup memadai untuk pertumbuhan startup
secara linear, tetapi hal ini tidak akan membawa stratup untuk tetap tumbuh
pada menuju skala movement yang lebih besar.

Salah satu buku yang melakukan pembahasan dalam cara paling
efektif untuk sebuah perusahaan mencapai potensi maksimalnya ialah “Bold: How
to Go Big, Create Wealth and Impact the World” karya dari Peter H. Diamandis dan
Steven Kotler. Penulis memaparkan beberapa startegi yang dapat diadopsi pada
perusahaan pembaca, diantaranya ialah:

Build a Community of Evangelists.

Buatlah lingkungan konsumen startup sebagai wadah komunitas.
Hal ini bisa membangun rasa keanggotaan dari jasa yang digunakan. Menurut Seth
Godin, interaksi sangat penting untuk dipertahankan, terlebih lagi interaksi dengan
leader, interaksi sederhana dapat memberikan dampak yang signifikan bagi
bisnis.

Nurture Partnership other Many Other Organization

Penggambaran secara mudah ialah, akan lebih mudah untuk
mendaki gunung bersama-sama dibandingkan sedirian. Begitu pula dengan pertarungan
mencapai tujuan bisnis. Carilah organisasi lain yang sesuai dengan kebutuhan mu
dan dapat memberikan nilai tambah satu sama lain. Dengan begitu sesama bisnis
akan membantu pertumbuhan bisnis satu sama lain.

Incent Friendly Competition with prizes.

Semua orang suka untuk berkompetisi. Buatlah para member
bisnismu untuk melakukan inisiatif, kamu bisa memberi reward dan memberikan
tantangan bagi mereka. Dengan begitu kamu bisa melihat dan membangin konsumen
loyal. Tentunya movement ini berpotensi untuk pertumbuhan bisnis.

Go into battel against a common rival

Salah satu cara untuk menunjukan kekuatan dari komunitas
bisnis ialah dengan melawan komunitas dari lawan bisnis. Mulai saja dengan
menyerang atau memberikan solusi dari isu yang ada untuk mencuru perhatian para
calon konsumen. Setelah itu biarkanlah komuniti yang melakukan selling, konsumen
yang sudah merasa terikat tentunya kan memberikan dukungan.

Deliver edgy product demonstration

Suatu produk akan digunakan juga ia dapat memenuhi fungsi
gunanya dan memiliki nilai tambah dalam inovasi menarik perhatian konsumen. Melalui
internet, kesempatan ini terbuka lebar untuk berbagai hal. Ajaklah komunitas bisnis
untuk ikut serta dalam pembuatan ide menarik dan penyampaian ide.

Host events to bring your community together

Tentunya, sebuah event bisa diadakan secara online ataupun
offline. Kegiatan ini dapat diisi dengan berbagi cerita, pengalaman, dan masukan
bagi bisnis sesuai dengan masingmasing konsumen. Kegiatan ini juga tentunya
menguatkan posisi bisnis. Ingat bahawa tujuan utama diadakannya event ialah
sebagai sebuah bentuk dukungan dan aksinyata dari konsumen.

Maximize your online brand and media presence

Kebutuhan mendasar dari Search Engine Optimization ialah
social media engagement, video marketing, dan beberapa dukungan dari influential
bloggers. Bisnis atau brand merupakan apa yang komunitas pikirkan ketika
founder tidak bisa membelikan penjelasan. Buatlah konten yang baik secara
online dan terus lakukan unggahan sesuai dengan identitas brand yang dibangun.

Strategi-strategi ini tentunya bisa diterapkan dengan
berbagai bentuk. Mulai dari memanfaatkan teknologi, melakukan secara offline
ataupun online, bersinggungan dengan kesehatan ataupun perhatian lingkungan dan
lain sebagainya.

Nama lain dari strategi membagun komunitas ini ialah croudsoursing.
Dengan crowdsoursing, founders dapat melakukan percepatan dalam pertumbuhan
bisnis secara massive.

Artikle ini disadur dari https://www.forbes.com/sites/martinzwilling/2015/02/17/how-to-take-your-idea-from-a-startup-to-a-movement/#6b6abda712d5