11 May

amiadmin - Monday, 11 May 2020

Build a Movement
"Startup"


Membuat startup, seorang entrepreneurs harus bisa membagi pikiranya antara inovasi dan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi. Sering kali, ketika suatu startup sudah mendapatkan traction yang sesuai dengan target, fokus startup tersebut akan berupah untuk pertumbuhan yang lebih cepat. Banyak dari para entrepreneurs yang mengimpikan untuk bisa mendapatkan pencapaian hingga melampaui  Google atau pun Amazon, tetapi tidak banyak yang memberikan strategi selain strategi marketing pada umumnya untuk membuat hal ini terwujud.

Kebanyak investor akan mencari atau tertarik dengan inovasi yang terus dapat bertumbuh sejalan dengan strategi yang akan dilakukan. Sehingga ada perpaduan antara inovasi dalam teknologi dan solusi. Cara pemasaran secara konvensional akan cukup memadai untuk pertumbuhan startup secara linear, tetapi hal ini tidak akan membawa stratup untuk tetap tumbuh pada menuju skala movement yang lebih besar.

Salah satu buku yang melakukan pembahasan dalam cara paling efektif untuk sebuah perusahaan mencapai potensi maksimalnya ialah “Bold: How to Go Big, Create Wealth and Impact the World” karya dari Peter H. Diamandis dan Steven Kotler. Penulis memaparkan beberapa startegi yang dapat diadopsi pada perusahaan pembaca, diantaranya ialah:

Build a Community of Evangelists.

Buatlah lingkungan konsumen startup sebagai wadah komunitas. Hal ini bisa membangun rasa keanggotaan dari jasa yang digunakan. Menurut Seth Godin, interaksi sangat penting untuk dipertahankan, terlebih lagi interaksi dengan leader, interaksi sederhana dapat memberikan dampak yang signifikan bagi bisnis.


Nurture Partnership other Many Other Organization

Penggambaran secara mudah ialah, akan lebih mudah untuk mendaki gunung bersama-sama dibandingkan sedirian. Begitu pula dengan pertarungan mencapai tujuan bisnis. Carilah organisasi lain yang sesuai dengan kebutuhan mu dan dapat memberikan nilai tambah satu sama lain. Dengan begitu sesama bisnis akan membantu pertumbuhan bisnis satu sama lain.


Incent Friendly Competition with prizes.

Semua orang suka untuk berkompetisi. Buatlah para member bisnismu untuk melakukan inisiatif, kamu bisa memberi reward dan memberikan tantangan bagi mereka. Dengan begitu kamu bisa melihat dan membangin konsumen loyal. Tentunya movement ini berpotensi untuk pertumbuhan bisnis.


Go into battel against a common rival

Salah satu cara untuk menunjukan kekuatan dari komunitas bisnis ialah dengan melawan komunitas dari lawan bisnis. Mulai saja dengan menyerang atau memberikan solusi dari isu yang ada untuk mencuru perhatian para calon konsumen. Setelah itu biarkanlah komuniti yang melakukan selling, konsumen yang sudah merasa terikat tentunya kan memberikan dukungan.


Deliver edgy product demonstration

Suatu produk akan digunakan juga ia dapat memenuhi fungsi gunanya dan memiliki nilai tambah dalam inovasi menarik perhatian konsumen. Melalui internet, kesempatan ini terbuka lebar untuk berbagai hal. Ajaklah komunitas bisnis untuk ikut serta dalam pembuatan ide menarik dan penyampaian ide.


Host events to bring your community together

Tentunya, sebuah event bisa diadakan secara online ataupun offline. Kegiatan ini dapat diisi dengan berbagi cerita, pengalaman, dan masukan bagi bisnis sesuai dengan masingmasing konsumen. Kegiatan ini juga tentunya menguatkan posisi bisnis. Ingat bahawa tujuan utama diadakannya event ialah sebagai sebuah bentuk dukungan dan aksinyata dari konsumen.


Maximize your online brand and media presence

Kebutuhan mendasar dari Search Engine Optimization ialah social media engagement, video marketing, dan beberapa dukungan dari influential bloggers. Bisnis atau brand merupakan apa yang komunitas pikirkan ketika founder tidak bisa membelikan penjelasan. Buatlah konten yang baik secara online dan terus lakukan unggahan sesuai dengan identitas brand yang dibangun.


Strategi-strategi ini tentunya bisa diterapkan dengan berbagai bentuk. Mulai dari memanfaatkan teknologi, melakukan secara offline ataupun online, bersinggungan dengan kesehatan ataupun perhatian lingkungan dan lain sebagainya.

Nama lain dari strategi membagun komunitas ini ialah croudsoursing. Dengan crowdsoursing, founders dapat melakukan percepatan dalam pertumbuhan bisnis secara massive.

Artikle ini disadur dari https://www.forbes.com/sites/martinzwilling/2015/02/17/how-to-take-your-idea-from-a-startup-to-a-movement/#6b6abda712d5

All Category