23 Mar

amiadmin - Monday, 23 March 2020

5 Aplikasi Pendukung Kerja dari Rumah
"Startup"



Menyikapi kondisi akibat COVID19 saat ini, pemerintah indonesia telah menyampaikan himbauan untuk melakukan Social Distancing, Aktivitas ini menyarankan seluruh penduduk indonesia untuk mulai belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah. 



Bagi para pekerja usia produktif, tentunya banyak hal yang bisa disiasati untuk memaksimalkan kegiatan bekerja dari rumah. Mulai dari mempersiapkan area kerja, berpakaian rapi, membuat to do list atau bahkan menggunakan parfum. Tetapi ketika kegiatan bekerja ini butuh untuk melibatkan beberapa pihak atau kolega lain secara bersamaan apa saja sih aplikasi yang dapat membantu produktivitas?



Berikut list aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif selama bekerja di rumah: 


1. Serene 

Aplikasi ini tersedia untuk para pengguna macbook. Serene membantu untuk melakukan tracking serta blocking beberapa akses laptop dengan tujuan untuk memacu produktivitas. Bagi pengguna macbook aplikasi ini dapat diakses secara gratis dan membantu untuk mendapatkan produktivitas maksimum setiap harinya. 



Selain tracker untuk produktivitas dan web blocker, Serena juga memiliki fitur blocker app, distraction free session, session timer, to do list, day planner, focus music dan phone silencer.




2. Slack





Messaging platform ini sepertinya sudah cukup dikenal. Slack dianggap sebagai platform bertukar pesan yang ideal untuk kelancaran komunikasi pekerja jarak jauh. Slack memungkinkan suatu tim untuk memiliki beberapa chanel diskusi berbeda hanya dalam satu Aplikasi. Selain itu setiap penggunanya dapat melakukan update status, file sharing, voice and video calls, dan juga screen sharing. 


3. Zoom 




Walaupun bekerja jarak jauh, kebutuhan diskusi tim tetap bisa berjalan baik dengan bantuan platform videocall ini . Zoom dapat menampung cukup banyak video dalam satu aktivitas video call. Kamu juga mungkin untuk join hanya melalui voice call jika tatap muka tidak dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan sharing file atau bahkan menjadi host webinar. 


4. Chrome Remote Desktop





Aplikasi ini memfasilitasi pengguna untuk melakukan akses komputer melalui telepon genggam, tablet, atau melalui komputer lain. Sehingga mempermudah untuk mengakses data yang sama tanpa mengkhawatirkan masalah keamanan. Akses bisa dilakukan melalui akses URL web browser ataupun dengan mengunduh aplikasi. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan untuk melakukan screen share dan memberikan akses bagi pengguna lain untuk melakukan akses pada perangkat yang diinginkan.


5. Daywise



Aplikasi android ini mampu mengatur dan mematikan fitur notifikasi pada handphone mu. Kamu cukup melakukan pengaturan waktu kapan saja kamu bisa menerima pesan baru dan melakukan pengelompokan kontak yang menurutmu penting. Tanpa khawatir kamu juga bisa memasukan beberapa kontak pada list vip milikmu sehingga kontak ini dapat menerima pesanmu kapan saja.


Jika membahas mengenai bekerja dari rumah tentunya produktivitas menjadi acuan utamanya. Semoga melalui beberapa info aplikasi pendukung diatas dapat membantu produktivitas selama bekerja di rumah yaa. Walaupun sedang melawan virus bersama sama, semoga produktivitas bisa tetap sama seperti halnya bekerja di kantor. Sehat-sehat semua :)


Kalau ada aplikasi lain yang sudah digunakan dan ingin merekomendasikan, boleh share pada kolom komentar yaa!


Artikel ini disadur dari dua artikel berikut: 

https://www.ventureharbour.com/best-apps-working-remotely-from-home/ 

https://blog.hubspot.com/marketing/productivity-tips-working-from-home

All Category